Wednesday 18 January 2017

Masjid Karya Ahok Hanya Habiskan 18 M & Lebih Luas Dari Masjid Alfauz Yang Menyeret Sylviana Kok Bisa? noreply@blogger.com (Guru Bijak)

@RUMAHINJECT@

ShareThisYO

Masjid Al-Fauz di kantor Wali Kota Jakarta Pusat. (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)


MARTIRNKRI.COM - Bareskrim Mabes Polri tengah menyelidiki kasus dugaan korupsi pembangunan masjid Al Fauz yang berada di kawasan Kantor Wali Kota Jakarta Pusat.

Pembangunan masjid mewah seluas 500 m2 ini menggunakan APBD 2010 dan 2011 dengan total nilai Rp 32,5 miliar.

Sekda DKI Saefullah pernah mengungkapkan, perencanaan pembangunan masjid ini dilakukan sejak 2004, namun baru terlaksana pada 2010. Kala itu, Wali Kota Jakarta Pusat adalah Sylviana Murni.

Namun kontrak ini dibuat oleh Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Rospen Sitinjak. Saat itu, Sylviana masih mengenyam pendidikan di Lemhannas, kata Saefullah.

Pembangunan masjid dimulai pada 3 Juni 2010 dengan kontrak pertama sebesar Rp 27 miliar pada APBD 2010.

Pembangunan terus berjalan hingga Rospen dimutasi menjadi Kepala Pelaksana Harian Badan Narkotika.

Kemudian, Sylviana digantikan oleh Saefullah per 4 November 2010. Saefullah kini menjabat sebagai Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta.

"Tagihan kedua, ketiga, dan keempat, saya yang mengetahuinya," kata Saefullah, Rabu (11/1/17) lalu.

Jika dibandingkan dengan anggaran yang dibutuhkan untuk membangun masjid Fatahillah di Balai Kota, masjid di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat jauh lebih mahal rupanya.

Meskipun, luas masjid di Balai Kota lebih besar yakni 410 meter persegi di lantai satu dan 594 meter persegi pada lantai dua.

Biaya yang dikeluarkan untuk membangun masjid di Balai Kota yakni Rp 18,8 miliar.

Pembangunan masjid itu menggunakan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Perubahan tahun 2015

Masjid Fatahillah ini diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ide pembangunan masjid ini dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama ( Ahok).



Ahok tercetus ide membangun masjid di lingkungan Balai Kota setelah melakukan Safari Ramadhan ke kantor Wali Kota Jakarta Barat dan Jakarta Pusat.

Di sana terdapat masjid megah sehingga muncul keinginan Ahok membuat masjid juga di Balai Kota.

sumber: merdeka.com - http://ift.tt/2jniAl2 - January 18, 2017 at 07:32PM

Share this

0 Comment to "Masjid Karya Ahok Hanya Habiskan 18 M & Lebih Luas Dari Masjid Alfauz Yang Menyeret Sylviana Kok Bisa? noreply@blogger.com (Guru Bijak)"

Post a Comment