Saturday 22 April 2017

Bappenans Pastikan Kajian Pemindahan Ibukota Negara Dari Jakarta Ke Palangkaraya Beres Tahun Ini noreply@blogger.com (Guru Bijak)

@RUMAHINJECT@

ShareThisYO

Menteri Keuangan Sri Mulyani (kedua kiri) dan Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro (kanan) ANTARA/Puspa Perwitasari

MARTIRNKRI.COM -  Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro, menargetkan kajian pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke wilayah baru di luar Pulau Jawa selesai tahun ini.

Kepada Antara di Badung, Bali, Bambang mengatakan ada beberapa kota kandidat yang berpotensi menjadi ibu kota baru.

Dia mengakui salah satu kandidat ibu kota baru adalah Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

"Pokoknya harus di luar Jawa (untuk kandidat lain). Sudah, nanti malah munculin spekulasi lagi," ucapnya setelah menghadiri Regional Workshop on Country Safeguard System bersama Asian Development Bank (ADB) di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Senin, 10 April 2017.

"Tahun ini jelas," ujarnya ketika disinggung target waktu penyelesaian kajian pemindahan ibu kota.

Bambang menuturkan tim dari Bappenas sedang menganalisis kriteria wilayah, kemudian kesiapan dan ketersediaan lahan serta sumber pendanaan untuk pembangunan ibu kota baru tersebut.

"Kita berikan update (perkembangan) kepada Presiden Joko Widodo secara teratur," ucapnya.

Terkait dengan munculnya nama Palangkaraya sebagai kandidat ibu kota baru, kata Bambang, itu juga pernah digagas Presiden Indonesia pertama Sukarno.

"Ya, itu memang salah satu kandidat karena pernah diucapkan Presiden Sukarno," ujar mantan Menteri Keuangan tersebut.

Bung Karno, menurut beberapa literatur, pernah mewacanakan agar ibu kota berpindah ke Palangkaraya, tepatnya pada dekade 1950-an. Proklamator kemerdekaan tersebut bahkan pernah mengunjungi kota yang terletak di tengah Indonesia itu untuk meninjau perkembangannya.

Dalam kesempatan sebelumnya, Bambang menuturkan rencana pemindahan ibu kota muncul kembali karena adanya kebutuhan pembentukan pusat ekonomi baru.

Menurut dia, Pulau Jawa terlalu mendominasi kegiatan perekonomian Indonesia. Itu pun aktivitas perekonomiannya lebih banyak terkonsentrasi di Jabodetabek.

sumber: tempo.co - http://ift.tt/2oURTbA - April 23, 2017 at 12:27PM

Share this

0 Comment to "Bappenans Pastikan Kajian Pemindahan Ibukota Negara Dari Jakarta Ke Palangkaraya Beres Tahun Ini noreply@blogger.com (Guru Bijak)"

Post a Comment