Monday 13 March 2017

Din Syamsuddin Soal Sholat Jenazah: Kalau ada yang tidak bersedia karena alasan-tertentu ya silakan saja noreply@blogger.com (Guru Bijak)

@RUMAHINJECT@

ShareThisYO



MARTIRNKRI.COM - Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin bicara soal adanya larangan mensalatkan jenazah bagi pendukung salah satu calon di Pilkada DKI Jakarta.

Din menegaskan, mengurus jenazah seorang muslim, adalah fardu kifayah

"Saya berpendapat bahwa menyelenggarakan jenazah sesama muslim sejak dari memandikannya, mengafani dan mensalatkannya hingga ke pemakamkannya itu adalah fardu kifayah, yang harus dilakukan oleh umat Islam. Tentu tidak secara keseluruhan, yang penting ada dari umat muslim itu," kata Din saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (13/3/2017).

Din pun mengimbau, agar umat muslim menjalankan fardu kifayah ini dengan benar.

Untuk diketahui, fardu kifayah dalam ajaran agama Islam yakni status hukum yang wajib dilakukan, namun bila sudah dilakukan oleh muslim yang lain maka kewajiban ini gugur.


"Maka oleh karena itu, umat Islam saya imbau supaya fardu kifayah ini bisa kita jalankan," katanya.

Din melanjutkan, jika ada warga yang tidak bersedia untuk mensalatkan jenazah seorang muslim, maka hukum fardu kifayah ini pun berlaku.

"Kalau ada yang tidak bersedia karena alasan-alasan tertentu ya silakan saja, fardu kifayah. Kan pasti ada umat Islam lain yang berkesempatan, paling tidak keluarga terdekat," katanya.

sumber: detik.com - http://ift.tt/2mi0QqV - March 13, 2017 at 02:05PM

Share this

0 Comment to "Din Syamsuddin Soal Sholat Jenazah: Kalau ada yang tidak bersedia karena alasan-tertentu ya silakan saja noreply@blogger.com (Guru Bijak)"

Post a Comment