Monday 28 November 2016

Bahsul Masa'il NU Jember: Boleh dan Shah, Salat Jumat di Jalan Saat Aksi 212|MulutBangsa

©RUMAHINJECTSSH.BLOGSPOT.COM|



Jember (kabarsatu) --Lembaga Bahsul Masa'il Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (LBM PCNU) Kabupaten Jember menyatakan, bahwa salat Jumat di jalan saat aksi demonstrasi 2 Desember 2016 diperbolehkan.

LBM adalah lembaga membahas masalah-masalah tematik terkait kehidupan sosial dan beragama di Indonesia dari sudut pandang hukum agama atau fikih. LBM NU Jember membahas masalah hukum salat Jumat di ruang musyawarah PCNU Jember, Sabtu (26/11/2016) kemarin.

Dalam surat resminya, Ketua Tim LBM PCNU Jember Muhammad Syukri Rifa'i menyatakan, pembahasan itu terkait dengan pernyataan Ketua Umum Pengurus Besar NU KH. Said Agil Siradj bahwa salat Jumat di jalan raya tidak sah menurut mazhab Imam Syafi’i dan Maliki. 

Di sisi lain, LBM PBNU, seperti diberitakan NU Online pada tanggal 24 November 2016, memutuskan bahwa salat Jumat di jalan sah menurut mayoritas ulama kecuali Imam Malik, tetapi haram disebabkan mengganggu ketertiban umum dan membuat kemacetan.

Tak ingin masyarakat bingung, Tim LBM PCNU pun mengambil inisiatif pembahasan. Dari pembahasan tersebut diambil enam sikap. 

Apa saja? Pertama, fatwa hukum yang dikeluarkan PBNU tentang hukum salat Jumat di jalan tidak sesuai dengan momentum yang tepat dalam situasi saat ini, sehingga menimbulkan preseden buruk terhadap jam'iyah NU.

Kedua, fatwa hukum yang dikeluarkan PBNU harus didasarkan pada kajian mendalam dan komprehensif, sehingga tingkat akurasinya tidak diragukan. 

"Ketiga, bahwa kata 'abniyah' dalam bab salat Jumat di kitab-kitab fikih klasik bermakna pemukiman penduduk, bukan bangunan atau masjid, sehingga tidak tepat dijadikan alasan pelarangan salat Jumat di luar masjid," kata Syukri.

Keempat, mayoritas ulama yang terdiri dari mazhab Hanafi, Syafi'i, dan Hanbali sepakat bahwa salat Jumat tidak harus dilakukan di dalam masjid atau bangunan tertentu, selagi dalam area pemukiman penduduk.

Kemakruhan (boleh atau tidaknya) salat di jalan raya berlaku dalam konteks kondisi normal. ketika seseorang tiba-tiba salat di tengah jalan, sehingga mengganggu orang lain.

"Adapun dalam konteks demonstrasi 212 ketika jalan raya sudah diatur untuk digunakan para peserta demonstrasi dalam rangka menggunakan hak menyatakan pendapat, sebagaimana diatur dan dijamin konstitusi, maka unsur kemakruhan atau keharaman tersebut tidaklah terpenuhi," kata Syukri.

"Mengharamkan salat di jalan raya dengan illat mengganggu pengguna jalan berkonsekuensi pula pada pengharaman seluruh aksi demonstrasi, pawai, dan sejenisnya yang berarti juga menentang hak warga negara sebagaimana sudah diatur dalam peraturan perundang-undangan," kata Syukri dalam surat resminya. beritajatimcom[kabarsatunews.com]
[ads-post] [fquote] Anda Telah membaca Bahsul Masa'il NU Jember: Boleh dan Shah, Salat Jumat di Jalan Saat Aksi 212 yang merupakan artikel pilihan dari noreply@blogger.com (R Media), silahkan scroll kebawah jika anda memang berniat membaca entry Bahsul Masa'il NU Jember: Boleh dan Shah, Salat Jumat di Jalan Saat Aksi 212 atau silahkan kembali ke halaman utama jika konten dibahwa anda rasa merupakan kontent yang kurang baik, bookmark rumahinjectssh.blogspot.com untuk selalu update berita dan informasi terkini seputar hal hal menarik yang sedang terjadi di dunia khususnya di Indonesia, Terima Kasih Sudah Membaca" [/fquote] Hey Sobat Rumahinject setelah membaca informasi Bahsul Masa'il NU Jember: Boleh dan Shah, Salat Jumat di Jalan Saat Aksi 212 dari noreply@blogger.com (R Media) apa pendapatmu, apa benar informasi itu seperti itu adanya, atau apakah kamu mempunyai pendapat lain tentang informasi Bahsul Masa'il NU Jember: Boleh dan Shah, Salat Jumat di Jalan Saat Aksi 212 dari noreply@blogger.com (R Media) , apa iya informasi ini tidak berguna, nyatanya kamu sudah menghabiskan waktu lebih dari 330 detik ( Hayo berapa menit !! ) lho untuk membaca artikel Bahsul Masa'il NU Jember: Boleh dan Shah, Salat Jumat di Jalan Saat Aksi 212 dari noreply@blogger.com (R Media), entah anda tidak sengaja ke-blog ini atau kamu memang sengaja, pasti sekarang kamu sedang nyengir sendiri setelah membaca Bahsul Masa'il NU Jember: Boleh dan Shah, Salat Jumat di Jalan Saat Aksi 212 dari noreply@blogger.com (R Media) dan kembali lagi ingat iklan sprite,, alah lebay, Yakin kamu tidak mau share artikel ini lewat tombol share yang ada, kelihatannya ribet soalnya kalau harus bercerita, mending share aja pakai tombol yang ada ,Ok deh kalau share aku kasih kurang Jempol , nih tak kasih lagi Jempol, O iya apa kamu juga yakin tidak mau berkomentar sambil meninggalkan jejak siapa tau teman kamu juga mampir di blog ini,Sampai Jumpa Lagi di artikel bintang lima selanjutnya. Baca Berita Ini juga Ya
Postingan ini Bahsul Masa'il NU Jember: Boleh dan Shah, Salat Jumat di Jalan Saat Aksi 212 dari noreply@blogger.com (R Media) tampil pertama dan lebih gokil di blog Rumahinject Pada Waktu November 28, 2016 at 09:54PM



[success title="Artikel RUMAHINJECTSSH Lainnya" icon="check-circle"] Artikel Pintar
Artikel Islam
Artikel Militer A - Militer B
Artikel Tentang Makanan
Artikel Tentang Berita
Artikel Pendidikan

Artikel SELINGAN
ARTIKEL MODUL
ARTIKEL GOKIL
[/success]

Share this

0 Comment to "Bahsul Masa'il NU Jember: Boleh dan Shah, Salat Jumat di Jalan Saat Aksi 212|MulutBangsa"

Post a Comment