Tuesday 29 November 2016

Rapat BPL GIDI ke-53, 90 Persen Mimbar GIDI Berbahasa Daerah | Ketahui

[fquote] Anda akan membaca Rapat BPL GIDI ke-53, 90 Persen Mimbar GIDI Berbahasa Daerah yang merupakan artikel pilihan dari noreply@blogger.com (Tabloid WANI), silahkan scroll kebawah jika anda memang berniat membaca entry Rapat BPL GIDI ke-53, 90 Persen Mimbar GIDI Berbahasa Daerah atau silahkan kembali ke halaman utama jika konten dibahwa anda rasa merupakan kontent yang kurang baik, bookmark rumahinjectssh.blogspot.com untuk selalu update berita dan informasi terkeni seputar hal hal menarik yang sedang terjadi di dunia, Selamat Membaca" [ads-post] [/fquote] [ads-post]
Rapat BPL GIDI ke-53, 90 Persen Mimbar GIDI Berbahasa Daerah
Cover buku Penafsiran Alkitab dalam bahasa Lani.
Nabire -- Presiden Gereja Injili Di Indonesia (GIDI), Pendeta Dorman Wandikbo, mengatakan sebagian besar gereja GIDI di Tanah Papua masih menggunakan bahasa daerah dalam menyampaikan firman Tuhan.

"90 persen mimbar GIDI masih pakai bahasa daerah. Dan, sisanya 10 persen, mimbar gereja pakai bahasa Indonesia. Jadi, (buku-buku penafsiran Alkitab berbahasa Lani) ini memang kebutuhan jemaat," kata Pdt. Dorman Wandikbo kepada Jubi, menanggapi laporan dari wilayah Yamo, dalam rapat Badan Pekerja Lengkap (BPL) GIDI ke-53 di Nabire, Selasa (29/11/2016). 

Pimpinan Badan Pekerja Pusat (BPP) GIDI itu menjelaskan saat ini GIDI memiliki 6.000 pendeta. Dari jumlah itu, sebanyak 4.000 pendeta yang melayani diberbagai daerah pelosok di Tanah Papua masih menggunakan bahasa daerah, "hampir semua dalam bahasa Lani," jelasnya. Gereja yang disebut lahir dari misionaris orang asli Papua itu, hingga kini melayani dengan 52 bahasa di seluruh Indonesia. 

Perpustakaan berbahasa Lani

Yamo, satu dari delapan wilayah penginjilan Gereja Injili Di Indonesia, yang berada di Wamena barat, akhirnya memiliki perpustakaan baru, Perpustakaan Penafsiran Alkitab Bahasa Lani. Seperti namanya, perpustakaan ini mengoleksi dan menerbitkan buku-buku tentang cerita dalam Alkitab yang ditafsirkan dalam bahasa Lani.
Rapat BPL GIDI ke-53, 90 Persen Mimbar GIDI Berbahasa Daerah
Ia memiliki sekurangnya 20 judul buku dan telah menerbitkan sedikitnya 1000 buku per judul dalam setahun.

"Kami sudah punya Perpustakaan Tafsiran Alkitab," kata Evanjelis Gandius Enumbi saat melaporkan program penginjilan dan pemuridan dihadapan ratusan penginjil lain dan pimpinan rapat BPL, Senin (28/11/2016).

Perpustakaan Penafsiran Alkitab Bahasa Lani tersebut mulai dibangun pada 2014 dan baru diresmikan pada 16 Oktober 2016, di kota Mulia, Puncak Jaya. Perpustakaan itu kini sudah dipenuhi dengan ribuan buku penafsiran Alkitab yang ditulis dalam bahasa Lani, yakni bahasa daerah yang digunakan oleh sebagian besar penduduk Wamena, khususnya dari wilayah bagian barat.

Evanjelis yang juga guru Alkitab di Mulia itu mengatakan kehadiran perpustakaan itu menjadi media yang sangat baik dalam mendukung program wilayah Yamo dalam menjalankan pelayanan khususnya bagi para penginjil dan calon penginjil yang masih bersekolah di Sekolah Alkitab Mulia.
Rapat BPL GIDI ke-53, 90 Persen Mimbar GIDI Berbahasa Daerah
"Tujuan terutama untuk menjadi pegangan guru-guru Alkitab, kemudian pegangan bagi siswa Alkitab. Ini juga menjadi pedoman bagi hamba Tuhan dalam pelayanannya di gereja. Karena masyarakat umumnya masih bicara dalam bahasa Lani," ujar Ev. Gandius Enumbi, yang juga Sekretaris Wilayah Yamo kepada Jubi.

Menurut Ev. Gandius, mengaku dirinya jadi lebih memahami maksud penjelasan dalam Alkitab ketika membaca buku tafsiran berbahasa Lani. Hal yang sama juga dirasakan oleh siswa Alkitab yang diajarnya dan jemaat dalam pelayanannya.

"Buku ini sangat membantu karena dulu kita hanya punya Alkitab bahasa Lani, tapi sekarang sudah ada buku-buku penafsiran jadi ini tolong kami lebih mengerti," kata guru itu.

Buku-buku tafsiran mulai dibuat tahun 1997 oleh Pendeta Leon Dellinger. Ia seorang pendeta dan misionaris dari UFM atau saat ini dikenal sebagai Cross World.
Rapat BPL GIDI ke-53, 90 Persen Mimbar GIDI Berbahasa Daerah
Ev. Gandius mengatakan, penyempurnaan buku dalam bahasa Lani melibatkan sebuah tim yang terdiri dari Pdt. Inenik Tabuni, Ev. Yosep Wonda, Pdt. Telius Wonda, termasuk dirinya.

"Setiap tahun, kami terbitkan 1000 buku per judulnya. Dan, sekarang ini kami sudah punya sekitar 20 buku tafsiran Alkitab bahasa Lani," katanya.

Sekretaris wilayah Yamo itu menambahkan, perpustakaan itu juga mengoleksi beberapa buku tambahan seperti buku Doktrin Alkitab, Sejarah Gereja, Etika Kristen, Pemuridan, Konkordansi Alkitab (tentang cara cepat mencari ayat atau judul dalam Alkitab). (*)

Berikut dafar Buku-buku yang telah ditafsirkan ke dalam bahasa Lani.

Perjanjian Lama:
  1. Buku Kejadian dan Ayub,
  2. Buku Kitab Taurat Keluaran-Ulangan,
  3. Yosua-Ruth,
  4. I dan II Samuel - I dan II Tawarikh.
  5. Mazmur-Pengkotbah,
  6. Esra, Nekemia, Ester, dan Agai Sakaria Maleyakhi
  7. Yesaya dan Hosea-Sefanya.
  8. Yeremia-Yeheskiel. 
Perjanjian Baru:
  1. Buku Kehidupan Yesus 1
  2. Buku Kehidupan Yesus 2
  3. Buku Kehidupan Yesus 3
  4. Buku Kisah Rasul-I dan II Korintus
  5. Buku Galatia-Filemon
  6. Ibrani- I,II,III Yohanes
  7. Kitab Daniel dan Wahyu.

Copyright ©Tabloid JUBIHubungi kami di E-Mail: tabloid.wani@gmail.com


Hey Sobat Rumahinject setelah membaca informasi Rapat BPL GIDI ke-53, 90 Persen Mimbar GIDI Berbahasa Daerah dari noreply@blogger.com (Tabloid WANI) apa pendapatmu, apa benar informasi itu seperti itu adanya, atau apakah kamu mempunyai pendapat lain tentang informasi Rapat BPL GIDI ke-53, 90 Persen Mimbar GIDI Berbahasa Daerah dari noreply@blogger.com (Tabloid WANI) , apa iya informasi ini tidak berguna, nyatanya kamu sudah menghabiskan waktu lebih dari 330 detik ( Hayo berapa menit !! ) lho untuk membaca artikel Rapat BPL GIDI ke-53, 90 Persen Mimbar GIDI Berbahasa Daerah dari noreply@blogger.com (Tabloid WANI), entah anda tidak sengaja ke-blog ini atau kamu memang sengaja, pasti sekarang kamu sedang nyengir sendiri setelah membaca Rapat BPL GIDI ke-53, 90 Persen Mimbar GIDI Berbahasa Daerah dari noreply@blogger.com (Tabloid WANI) dan kembali lagi ingat iklan sprite,, alah lebay, Yakin kamu tidak mau share artikel ini lewat tombol share yang ada, kelihatannya ribet soalnya kalau harus bercerita, mending share aja pakai tombol yang ada ,Ok deh kalau share aku kasih kurang Jempol , nih tak kasih lagi Jempol, O iya apa kamu juga yakin tidak mau berkomentar sambil meninggalkan jejak siapa tau teman kamu juga mampir di blog ini,Sampai Jumpa Lagi di artikel bintang lima selanjutnya. Baca Berita Ini juga Ya
Postingan ini Rapat BPL GIDI ke-53, 90 Persen Mimbar GIDI Berbahasa Daerah dari noreply@blogger.com (Tabloid WANI) tampil pertama dan lebih gokil di blog Rumahinject



[success title="Artikel Lainnya" icon="check-circle"]

Artikel Pintar
Artikel Islam
Artikel Militer A - Militer B
Artikel Tentang Makanan
Artikel Tentang Berita
Artikel Pendidikan

[/success]

Share this

0 Comment to "Rapat BPL GIDI ke-53, 90 Persen Mimbar GIDI Berbahasa Daerah | Ketahui"

Post a Comment